Nama: Ria Sasmita (15215876)
Kelas: 4EA23
Materi: Pilihan strategi memasuki pasar global
Judul jurnal: Strategi Pemasaran Produk Sosis Siap Makan (Studi kasus: PT. Primafood International)
Hasil analisis:
Tentang perusahaan:
Pertumbuhan konsumsi produk hewani masyarakat menarik minat produsen pangan, salah satunya adalah PT Primafood Internasional dengan memproduksi sosis siap makan dengan merek Champ. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group dalam penganugerahan “Top Brand Award”, produk sosis dari PT Primafood Internasional dengan merek Champ berada pada posisi dua dengan persentase sebesar 27%. Merek tersebut kalah besaing dengan kompetitor, yaitu merek So Nice.
Bauran pemasaran:
- Produk. Produk sosis siap makan Champ merupakan produk yang terbuat dari daging ayam dan sapi pilihan. Produk sosis siap makan Champ telah melalui pengawasan quality control (QC) yang ketat dengan memerhatikan standar sistem ISO 9001:2008, HACCP dan FSSC. Produk sosis siap makan Champ telah mendapatkan sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia serta sertifikasi dari Badan Pusat Obat dan Makanan (BPOM) yang menjamin bahwa produk aman untuk dikonsumsi.
- Harga. Produk sosis siap makan Champ dipasar- kan dalam toples dengan isi masing-masing toples terdiri dari 30 buah sosis siap makan. Produk sosis siap makan Champ dapat dibeli dalam satuan toples atau satuan kardus, dimana satu kardus berisi enam toples. Penentuan harga jual dilakukan oleh perusahaan. Harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan sebesar Rp97.000 per dus. Perusahaan juga menetapkan harga jual keuntungan sebesar 11% untuk harga jual di bawah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa harga jual eceran untuk satu toples dijual dengan harga antara Rp24.000 hingga Rp30.000 per toples.
- Promosi. Selama ini, PT Primafood Internasional mempromosikan produk sosis siap makan CHAMP melalui beberapa cara antara lain internet, mengadakan pameran atau event di berbagai sekolah dasar di seluruh Indonesia dengan menawarkan contoh produk secara gratis kepada siswa, memberikan hadiah berupa kartu permainan yang diberikan apabila membeli produk sosis siap makan Champ, mengadakan pameran atau event yang dilaksanakan di beberapa tempat seperti kegiatan car free day dan Jakarta fair, membagikan poster kepada kantin sekolah, warung, toko, grosir dan sebagainya, membuat iklan yang ditayangkan di televisi untuk produk sosis siap makan Champ.
- Distribusi. PT Primafood Internasional bertindak sebagai principle dari produk sosis siap makan merek CHAMP. Perusahaan principle merupakan pemilik dari produk yang didistribusikan oleh distributor. Sebagai principle, PT Primafood Internasional juga bekerjasama dengan pihak ketiga yang bertindak sebagai distributor barang untuk memasarkan sosis siap makan Champ. Produk sosis siap makan Champ telah dipasarkan ke berbagai supermarket, minimarket, grosir, warung yang ada di seluruh Indonesia.
Analisis SWOT:
Pemilihan strategi untuk meningkatkan penjualan sosis siap makan Champ diketahui bahwa terdapat faktor internal dan eksternal yang memengaruhi penjualan produk sosis siap makan Champ. Untuk faktor internal terdapat beberapa hal yaitu kekuatan dan kelemahan. Dimana bahan baku yang berkualitas, brand image yang baik, harga yang terjangkau, serta intergrasi dengan grup merupakan kekuatan yang dimiliki. Untuk distribusi yang kurang merata, produk yang rentan rusak, promosi yang kurang maksimal, serta sumber daya pemasaran yang kurang merupakan kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan. Selain itu, terdapat faktor eksternal yang menjadi perhatian perusahaan yaitu peluang dan ancaman. Untuk peluang yang dimiliki perusahaan adalah daya beli meningkat, pasar potensial serta perubahan gaya hidup. Namun demikian, terdapat beberapa hal yang menjadi ancaman perusahaan yaitu isu kesehatan, pasar bebas, produk pesaing. Rumusan alternatif strategi yang didapatkan berdasarkan faktor-faktor eksternal dan internal adalah bekerjasama dengan partner, diferensiasi produk, promosi gabungan dengan grup Charoen Pokphand, serta promosi edukatif.
Sumber: Jurnal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar